Thursday, 24 March 2016

Mengenal Kebangkitan dan Pola Berpikir

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh^^

udah lama gak post, lalu keingetan untuk bangkit... menarik yaa bicara tentang kebangkitan....
hmmm
kebangkitan itu maksudnya apa?
kebangkitan, kata dasarnya 'bangkit' yang artinya menurut KBBI adalah 'bangun (hidup) kembali'
kebangkitan menurut KBBI adalah 'kebangunan(menjadi sadar)'

makna kata bangkit itu luas, tergantung pada topik nya.
bangkit ini buat bangkit suatu keadaan untuk waktu yang lama. dalam istilah peradaban. sebenarnya, ketika kita perhatikan, saat ini ada suatu peradaban yang sedang bangkit. jika diperhatikan, peradaban tersebut bangkit ketika pemikirannya itu bangkit, dimana ketika pemikirannya bangkit, menghasilkan segala inovasi, temuan-temuan, yang dihasilkan oleh para ilmuwann di dalam peradaban itu. contoh konkrit nya, yang sedang saya bicarakan itu peradaban Barat, dimana pusatnya itu berada di Amerika sebagai penguasanya. dalam peradaban Barat sekarang, pemikiran yang digunakan yang disebut ideoligi mereka adalah Sekularisme-Kapitalisme-Liberalisme. sedangkan dalam Amerika sendiri, menganut Demokrasi, yang jika kita perhatikan lebih dalam, Demokrasi itu adalah hasil dari ideologi Sekularisme-Liberalisme.

dari situ, bisa diambil garis merahnya bahwa, kebangkitan itu berakar dari pemikiran/ide yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. sebelumnya, pemikiran yang bagaimana yang bisa membawa kebangkitan? pemikiran menurut KBBI adalah 'bahan untuk dipikirkan atau dipertimbangkan'. pola berpikir misalnya untuk pemikiran tentang baju atau pakaian.
1. pola pemikiran dangkal
baju itu dipakai di badan, warnanya merah dan biru, cara memakainya dimasukkan melalui kepala
2. pola pemikiran mendalam
pertama seperti pemikiran yang pertama(dangkal), baju itu didapatkan dengan membeli, dijual di toko, terbuat dari kain, kain dari benang, benang dari kapas, kapas dari pohon kapas
3. pola pemikiran cemerlang
pertama seperti pola pemikiran dangkal, kedua seperti pola pemikiran mendalam, kemudian darimana pohon kapas itu ternyata sangat bermanfaat, jika pohon itu menghasilkan manfaat yang luar biasa, pasti ada yang mengaturnya, ada yang menciptakannya, yang Menciptakannya pasti beda dengan pohon itu, dan berhubungan dengan manusia, berarti juga Mengatur dan Menciptakan manusia, manusia dan pohon juga berhubungan dengan hewan berarti ada Sesuatu yang menciptakan dan mengatur hewan, manusia, tumbuhan, dan juga alam semesta ini, karena saling berhubungan. Berarti ketika berhubungan, pasti yang Menciptakan dan Mengatur hanya Satu. oh yang Menciptakan dan Mengatur segalanya itu Zat Yang Satu, disebut Tuhan.
ketika seseorang telah berpikiran cemerlang, akan mencari kebenaran. Hingga ketika suatu agama benar, sesuai dengan akal(hati dan otak), memuaskan/menenangkan perasaan, yaitu hanya satu yaitu Islam. dimana Tuhan itu adalah Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Wednesday, 16 December 2015

Penyebab Banyak Ikan Mati

Penyebab banyak ikan mati-di laut atau air tawar:
1. Adanya ganggang atau alga yang tumbuh
2. Adanya pencemaran seperti zat kimia
3.Ketidakseimbangan ekosistem di dalam air tersebut
Salah satu penyebab yaitu ganggang atau alga yang dimaksud adalah alga filum dinoflagellata. Ganggang itu sejenis tumbuhan? Bukan, alga termasuk protista mirip tumbuhan, yaitu kelompok organisme eukariotik (memiliki membran inti) yang bersifat uniseluler dan ada juga yang hidup berkoloni atau berkelompok. Dinoflagellata dap@t berfotosintesis di air tawar. Dinoflagellata dpat meningkat apabila airnya hangat dan banyak nutrisi. Nah, jika gangang itu meningkat populasinya, maka, mereka akan membentuk gelombang merah (red tide) yang dihasilkan dari warna pigmen tubuh dinoflagellata, gelombang merah ini akan menyebabkan air menjadi miskin oksigen. Karena miskin oksigen itu, banyak ikan menjadi mati, dan gelombang merah itu mengandung racun saraf (neurotoksin) yang berbahaya bila dikonsumsi.
Oiya, dinoflagellata memiliki ciri-ciri:
Memiliki dua cambuk atau disebut flagela yang dapat menghasilkan gerak memutar, makanya ganggang ini disebut 'dino' yang artinya memutar.
Spesies dinoflagellata:
1. Centium
2. Gymnodium
3. Peridinium

Thursday, 24 September 2015

Remaja

Assalamu'alaikum...
Kamu yg masih remaja, yg udah naik level ke dewasa, atau yg mau naik tingkat ke remaja..
Maksud remaja itu apa sih? Buat apa sih masa remaja itu?
Buat menikmati masa muda yg cuma sebentar ya? Buat senang-senang? Hmmmm kalo liat realita nya sih yaaa remaja itu ya gitudeh, sekarang kalo ngedenger kata remaja yg pasti hadir di benak sih ya kumpul bareng temen, hang out, pacaran, iya bukan sih?
Berhubung gue juga masih remaja, ya itulah yang banyak kedengeran di luar sana.
Tapi sebenernya, remaja itu punya sesuatu yang lebih penting dri sekadar tugas sekolah, kumpul bareng teman, jalan-jalan. Yaitu apa coba? Remaja itu sebagai harapan dunia, harapan masa depan, harapan negeri. Kalo udah bicara tentang negeri, miris deh dekarang mah. Pejabatnya banyak yang korupsi, rakyatnya yang gitu-gitu aja atau gak berkembang bahkan mundur perkembangannya. Iya gak sih? Coba liat realitasnya aja, korupsi itu yang ngelakuin kan pejabat, kayak dewan perwakilan rakyat gitu kan, sebagian, gak semua pejabat sih, mereka (yg korupsi) berarti egois dong, karena seharusnya mereka memkirkan rakyat, mendukung aspirasi rakyat. Bahkan Undang-undang dibikin sekehendaknya, misalnya kayak privatisasi alam, yg tadinya Allah sediakan di Indonesia untuk rakyat yg mendudukinya, malah boleh disewa sama pihak perusahaan asing, terus rakyatnya gak kebagian apa-apa, kan miris:(
Udah gitu rakyatnya, nyatanya belum sejahtera, para petani dalam negeri dikalahkan sama produk impor, kayak beras, banyak dari negara lain dijual ke Indonesia, kan produk petani kia jadinya melempem. Iya gak? Gak beres kan:( masih banyak deh masalah-masalahnya, seabreg-abreg masalah yg belum terselesaikan, karena aturannya juga sih yg belum optimal.
Nah, kalo kamu ngeh sama masalah-masalah negeri ini yg belum dituntaskan, gimana ya kalo generasi kita makin berantakan gegara kitanya juga yg masih maunya senang-senang? Tanpa peduli sedikitpun? Gue juga kalau ingat itu, sedih dan ingin menjadi pejuang, pejuang bukan kayak perang dunia, tapi perang memakai pemikiran guys. Soalnya pemikiran kita lah yg lagi dijajah, tentang sukses deh, sukses itu kayak gimana? Sekarang nih ya, tentang kesetaraan gender, cewek memiliki hak yg sama kayak cowok, boleh berkuasa di dalam suatu negara, padahal Allah udah menjadikan cowok sebagai pemimpin bagi cewek, so kalo udah Allah yg nentuin pasti kalo dilanggar ada akibatnya yg merugikan kita. Tapi Allah ngasih kesempatan yg sama ke cewek dan cowok buat jadi paling atas derajatnya dalam pandangan Allah (baca: taqwa). Karena taqwa adalah kunci kesuksesan dan kebahagiaan abadi (baca: Surga) ♡
Siapa yang mau jadi penghuni surga angkat kepala *apasih* wkwk
Gue pasti lah mau, kalo kamu juga mau, yuk kita berlomba! Siapa yg berusaha untuk selalu taqwa dialah pemenangnya. Eitss taqwa itu apa sih? Taqwa itu adalah menaati segala perintah Allah swt dan menjauhi segala larangan-Nya. Okk?? Sip deh jangan cuma impian doang ya surga tuh bisa dicapai asalkan kita berusaha. Semangat!!
Syukron
Assalamu'alaikum

Monday, 14 September 2015

Biografi Basa Sunda

                              Pun Bapa
Wasta pun bapa Hedi Priatman. Sok diluadi Edi, Adi atawa kubil. Babar di Bogor, 28 Februari 1960. Pun bapa nyaeta murangkalih ka lima tina tujuh duduluran. Anjeunna kakara kuliah di Universitas Islam Nusantara fakultas hukum tapi teu nepi ka tamat. Riwayat sakolana nyaeta SD Polisi 4 Bogor, SMP 2 Bogor, SMA Guna Dharma Bandung.
Hobi pun bapa nyaeta maen gitar sareng nembang. Kakara oge manggung sareng rerencanganna ngabentuk band dina acara reunian SMP.
Pun bapa kakara gawe di parusahaan baraya nyaeta CV Cahaya Utama, tapi parusahaanna teh atos teu aya deui. Pun bapa tiasa disebat multitalent, anjeunna tiasa sagala rupa pagawean, kaahlian utamana teh listrik.
Pun bapa tos wangsul ka sisi Illahi. Kirang langkung atos tilu taun pun bapa ninggalkeun dunya. 

Biografi Basa Sunda

                                 Pun Ibu
Wasta pun ibu Rosita. Babar di Bogor, 13 Mei 1969. Pun ibu awit tina Gunung Putri. Anjeunna nyaeta murangkalih nu bungsu tina lima rarakaan kawalon. Riwayat sakolana nyaeta salah sahiji SD negeri di Cileungsi, SMP negeri 1 Cileungsi, sareng SMEA negeri 1. Pun ibu ti leutik sok disebat 'kecil kecil cabe rawit' ku rerencanganna. Di SD sareng SMP, pun ibu gaduh ranking hiji atawa dua teterasan. Nepi ka udag udagan ranking sareng rerencangan lalakina.
Saatos tamat SMEA, pun ibu kakara gawe di pabrik nepi ka pingsan. Kakara oge ngalamar gawe di salah sahiji kantor urusan motor.
Pun ibu waktos masih sakola, lamun hoyong meunang acis keur sakola, kudu bebersih heula di bumi raka ipar unggal isuk nepi kabeurangan sakola.

Sunday, 13 September 2015

Biografi Basa Sunda

                                                     Hanna Septiani
Hanna septiani, sok diluadi hanna. Babar di Bogor, 5 September 2000. Anjeunnna murangkalih nu kahiji tina tilu baraya. Gaduh dua rai, istri sareng pameget. Rai nu istri wastana Dini, yuswa na 8 taun. Rai nu pameget ngagaduhkeun yuswa 4 taun.  Ayeuna Hanna sakola di salah sahiji SMK di Bogor.
Hanna ngagaduhkeun hobi 'denger musik', nu midamel hate halus, sareng ningkatkeun pagawean otak. 
Hanna ngagaduhkeun cita cita janten pangusaha sukses. Hanna nu tadina pasif tina kagiatan kagiatan sakola, ayeuna janten anggota OSIS sareng Rohis.
Hanna ngarobah dirina janten langkung muslimah saleresna.

Saturday, 12 September 2015

Puisi "Negeri Berkebalikan"

Assalamu'alaikum. Hai kalian. Aku mau menunjukkan uneg uneg ke negeri ini. Bukan negeri nya juga sih, tapi lebih ke penguasa nya... yaudah langsung aja ya

Puisi singkat

Negeri berkebalikan
(Karya siti maulinda juniar)

Negeri bertabur emas
Menitip bekas
Tuan terlindas
Beringas para teratas

Tuan tuan dipijak
Teratas kosong memihak
Memihak para pemijak
Tuan terpadati sesak

Apalah negeri
Bila tanpa mentari
Rangkaian bunga mati
Pemijak berbunga hati


Kalo gak jelas maafkan ya, baru belajar hehehe