Wednesday 16 December 2015

Penyebab Banyak Ikan Mati

Penyebab banyak ikan mati-di laut atau air tawar:
1. Adanya ganggang atau alga yang tumbuh
2. Adanya pencemaran seperti zat kimia
3.Ketidakseimbangan ekosistem di dalam air tersebut
Salah satu penyebab yaitu ganggang atau alga yang dimaksud adalah alga filum dinoflagellata. Ganggang itu sejenis tumbuhan? Bukan, alga termasuk protista mirip tumbuhan, yaitu kelompok organisme eukariotik (memiliki membran inti) yang bersifat uniseluler dan ada juga yang hidup berkoloni atau berkelompok. Dinoflagellata dapat berfotosintesis di air tawar. Dinoflagellata dpat meningkat apabila airnya hangat dan banyak nutrisi. Nah, jika gangang itu meningkat populasinya, maka, mereka akan membentuk gelombang merah (red tide) yang dihasilkan dari warna pigmen tubuh dinoflagellata, gelombang merah ini akan menyebabkan air menjadi miskin oksigen. Karena miskin oksigen itu, banyak ikan menjadi mati, dan gelombang merah itu mengandung racun saraf (neurotoksin) yang berbahaya bila dikonsumsi.
Oiya, dinoflagellata memiliki ciri-ciri:
Memiliki dua cambuk atau disebut flagela yang dapat menghasilkan gerak memutar, makanya ganggang ini disebut 'dino' yang artinya memutar.
Spesies dinoflagellata:
1. Centium
2. Gymnodium
3. Peridinium

No comments:

Manfaat Air susu ibu

Tahukah kamu? Bahwa air susu ibu bermanfaat untuk meninggikan badan, selebihnya untuk memenuhi gizi anak dan rasanya manis asin gurih pahit ...