Sunday, 23 March 2014

Iman

Assalamu'alaikum wr. wb.
Hallo saudara saudari seagama, saya akan memposting apa arti Iman itu sebenarnya, agar kita bisa beriman kepada semua rukun Iman yg ada 6 yaitu Iman kepada Allah, Malaikat, Kitabullah, Rasul, Hari Kiamat, Qadha dan Qhadar dan juga agar kita bisa memahami arti dari Iman dengan sejelas-jelasnya sehingga menghasilkan akidah yg benar, dan melahirkan setiap pemikiran cabang tentang prilaku manusia di dunia ini serta peraturan-peraturannya.

Definisi Iman itu sendiri adalah meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, mengamalkan dengan perbuatan.
Dalam beriman, kita tidak hanya sebatas itu saja, tapi kita sebagai makhluk yg berakal harus paham filosofinya, agar kita tidak hanya menjadi muslim pembebek saja. Persepsi seseorang berbeda-bedaa walaupun ada yg memiliki persepsi yg sama, tapi kita harus menyamakan persepsi kita dengan orang lain, dengan cara mewujudkan suatu pemikiran tentang kehidupan dunia sehingga dapat terwujud persepsi yg benar. Kehidupan dunia berkaitan erat dengan alam semesta, manusia, hidup, kehidupan sebelum dunia, kehidupan sesudahnya, Zat yg ada sebelumnya, dan apa yg ada sesudahnya. Tentu zat yg ada sebelumnya adalah Al-Khaliq(pencipta) yg telah menciptakan semuanya. Dan apa yg ada sesudahnya adalah akhirat.

Al-Khaliq yaitu pencipta. Pencipta tidak mungkn sama dengan makhluknya, jadi Allah wajib adanya, tanpa dilahirkan dan tanpa Allah menciptakan dirinya sendiri, karena jika Allah menciptakan dirinya sendiri, maka Allah sebagai makhluk dan Khaliq dalam waktu yg bersamaan, dan itu sangat bathil. Kemudian bagaimana kita percaya adanya Allah? Ya dengan merenungkan alam semesta, makhluk-makhluk yg diciptakan oleh Allah SWT sehingga kita yakin adanya Allah. Dan Allah bersifat azali(tidak berawal dan tidak berakhir).

Jika sudah memahami hal tersebut, kita akan semakin teguh dalam Iman kita kepada Allah, shingga menghasilkan akidah dan melahirkan pemikiran cabang dalam problematika kehidupan ini serta peraturan-peraturannya.

Adaptasi dari kitab Nizomul Islam(peraturan hidup dalam Islam) bab 1(thoriqul Iman,jalan menuju iman) dikeluarkan oleh Hizbut Tahrir, dibuat oleh Syekh Taqiyuddin an-Nabhani

Mohon maaf apabila ada kesalahan
Lebih jelasnya silakan mengkaji kitab Nizomul Islam yg stiap bab nya berkaitan erat
#saran

Wassalamu'alaikum wr. wb

No comments: